Waket SMSI Siantar-Simalungun Juara Menulis di Workshop BI Pematangsiantar

Waket SMSI Siantar-Simalungun Juara Menulis di Workshop Bank BI Pematangsiantar

topmetro.news Wartawan Newscorner.id, Rivay Nicholson Bakkara yang juga merupakan Wakil Ketua SMSI Siantar Simalungun meraih juara pertama lomba menulis features dalam workshop Media Briefing dan Pelatihan Wartawan Ekonomi yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw) Bank Indonesia (BI) Pematangsiantar. Pelatihan diadakan di Hotel Niagara Parapat, Rabu (15/12/2021).

Turut hadir sebagai pembicara workshop, Pepih Nugraha, founder Kompasiana serta CEO Borneopedia. Usai memberikan materi, Pepih mengadakan lomba menulis features bagi 20 wartawan yang berasal dari media cetak, online, maupun elektronik.

Juara Menulis

Dari 20 peserta, sebanyak 9 orang bersedia membacakan langsung tulisannya. Selanjutnya, terpilih tiga terbaik, yakni juara pertama Rivay Nicholson Bakkara (newscorner.id), juara kedua Eva Wahyuni (Metro Siantar), dan juara ketiga Armeindo Sinaga (Kompas TV). Ketiga juara menerima bingkisan dari Bank Indonesia.

Sebelumnya, Kepala KPw BI Pematangsiantar Teuku Munandar dalam sambutannya saat pembukaan acara memaparkan Peran Strategis Media.

“BI berupaya meningkatkan kompetensi wartawan,” katanya.

Teuku Munandar, yang sekaligus menyajikan materi yang berjudul ‘Peran Strtategis Media’ mengatakan bahwa BI selama ini telah merasakan besar dan pentingnya peran media. Khususnya dalam menyebarluaskan informasi-informasi terkait kebijakan-kebijakan ekonomi dan keuangan kepada khalayak publik (masyarakat). Oleh karena itu BI merasa perlu untuk tetap menjadikan media sebagai mitra.

“Media adalah mitra bagi BI, oleh karena itu kebersamaan dalam kerjasama perlu dijaga dan dibina terus. Agar penyebarluasan informasi kebijakan terkait ekonomi dan keuangan dapat terlaksana dengan baik. Karena informasi yang akan disebarluaskan kepada publik adalah hal-hal yang terkait dengan ekonomi dan keuangan. Maka para wartawan perlu dibekali dengan pengetahuan-pengetahuan ekonomi, untuk bisa menjadi seorang wartawan ekonomi yang kompeten, berkualitas dan profesional. Itu sebabnya dalam kegiatan media briefing kali ini dilaksanakan juga pelatihan wartawan ekonomi,” jelas Teuku Munandar.

Pepih Nugraha, Founder Kompasiana yang didapuk sebagai narasumber menyampaikan materi tentang ‘Penulisan Berita dan Feature Ekonomi’  yang dilanjutkan dengan Workshop Penulisan Berita dan Feature.

Kegiatan tersebut juga diisi dengan penyampaian materi informasi layanan operasional BI tentang Pengelolaan Uang Rupiah (PUR). Oleh Bobby Christian Manik, staf Unit Pengelolaan Uang Rupiah; dan tentang BI-Fast yang disampaikan oleh Prita Erlisa, staf Unit Implementasi Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah di BI Pematangsiantar.

Selain itu juga disampaikan  informasi terkini dan presidensi G20-UDSK yang dipaparkan oleh Haris Prabowo.

 

Penulis: Erris

Related posts

Leave a Comment